Jumat, 18 November 2011

Sportivitas Mental


Kemarin malem, para pecinta bola Indonesia disuguhi lagi tontonan panas yang sarat gengsi dalam perhelatan SEA Games, yaitu partai Indonesia vs Malaysia. Buat Malaysia, partai ini sedikit lebih penting daripada buat Indonesia. Coz, kalo Malaysia kalah n Singapura di partai lain menang, poin mereka bakal sama n siapa yang lolos ke semifinal bakal ditentuin ama jumlah selisih gol. Lain halnya buat kubu Indonesia. Kalah, seri, ato menang, Indonesia tetep udah pasti lolos ke semifinal. Jadi buat Indonesia, laga ini bener-bener punya arti penting karna sarat gengsi doang. Gengsi buat lolos dengan status juara grup A, plus gengsi superioritas atas Malaysia.

Semua orang pasti udah tau, kalo salah satu hal yang bikin laga sepakbola antara Indonesia n Malaysia panas antara lain karna diluar lapangan sering banget ada konflik antar 2 negara tetangga ini. Jadi wajar aja kalo puluhan ribu suporter Indonesia keliatan banget tetep setia “memerahkan” GBK. Walaupun mereka pasti juga udah tau kalo apapun hasil laga ini Indonesia tetep aja lolos ke semifinal.

Dan bener aja kefanatikan supporter Indonesia bisa diliat kemarin malem. Sayangnya, perilaku fanatik itu lebih mengarah ke sikap yang sama sekali ga sportif, kalo ga mau dibilang ga beradab. Perilaku supporter kayaknya lebih menjurus ke ngganggu pertandingan daripada ndukung Tim Garuda. Dari pertandingan belum dimulai sampe selesai, suporter slalu niup terompet n bunyi2an lain, dan bukannya nyanyiin yel-yel dukungan, ato meragakan gerakan2 plus tepuk tangan yang kreatif bin suportif. Ga beda jauh ama yang namanya Vuvuzela waktu World Cup 2010 South Africa yang lalu. Cuma 3 kata: bikin bising doang.

Penyesalan tambah dalem pas laga mau dimulai, n lagu kebangsaan kedua tim dikumandangkan. Suporter tetep aja menuhin seisi stadion pake suara terompet lan konco-konconipun waktu lagu “Negaraku” (Malaysia’s national anthem) dinyanyiin. Padahal waktu “Indonesia Raya” dinyanyiin, seisi stadion juga bisa ikut nyanyi dengan khidmat dan saat itu suara-suara selain musik pengiring “Indonesia Raya” ga kedengeran sama sekali. Perilaku macem apa ini? Kebangeten! Orak gentle ndiess!

Sayangnya perilaku ga sportif ini juga keliatan di lapangan, di tubuh Squad Merah Putih. Habis ketinggalan 0-1 di babak pertama, yang emang didominasi permainan Malaysia, kelakuan para personil Tim Garuda makin bikin miris. Permainan emang sedikit lebih berkembang, tapi emosi pemain kayak ga bisa dikendaliin sama sekali. Hal ini kliatan pas kipper Malaysia, Khairul Fahmi, kepeleset waktu ngelakuin tendangan gawang, para pemain Indonesia ga ada yang ngelakuin fair play ball (sengaja mbuang bola keluar lapangan karena pemain tim lawan ada yang cedera tapi ga diitung sebagai pelanggaran, supaya tim medis bisa masuk ke lapangan). Kepaksa pemain2 Malaysia harus ngrebut bola dulu dari pemain2 Indonesia supaya bisa ditendang keluar lapangan. Hal sebaliknya terjadi waktu salah satu pemain Indonesia, Lestaluhu Ramdani, juga kepeleset di tengah lapangan. Pemain Malaysia justru langsung ngelakuin fair play ball.

Selain itu, para pemain Indonesia juga kliatan ga bisa jaga emosi karna sering banget ngelakuin sliding tackle berbahaya saat bola dikuasai pemain Malaysia. Tackle 2 kaki maupun tackle dari belakang menjadi suguhan yang disajikan Tim Garuda sepanjang babak kedua. Sampe2 beberapa pemain Indonesia kayak Ferdinand Sinaga dan Diego Michels harus dapet kartu kuning. Untuk Ferdinand, sebenernya Indoesia bisa bersyukur dia cuman dapet kartu kuning doang kalo liat aksi2nya selama pertandingan tadi yang bisa aja diganjar kartu merah.

Melihat kejadian2 seperti itu, pantesnya kita berefleksi. Wajar Indonesia punya ekspektasi tinggi di SEA Games yang kali ini digelar di negeri sendiri. Tapi kita juga harusnya jangan lupa kalo kita punya peran ganda. Selain jadi peserta, kita juga jadi tuan rumah SEA Games. Jadi tuan rumah, tentunya kita harus menyambut kehadiran tamu2 kita dengan sikap baik dan pantas. Keramahan yang (katanya) menjadi ciri khas bangsa kita, akan bener2 dinilai. Ditambah lagi, karena adanya spirit kompetisi dalam pesta olahraga ini, sportivitas pun juga harus ikut dijaga. Maka, kejadian2 yang kayak tadi tentunya ga bisa lagi ditolerir. Oke kita malu secara gengsi kalo kalah dari Malaysia. Tapi kita bakal lebih malu lagi kalo udah kalah, kelakuan kita juga ga sportif. Kelakuan kayak gitu rasanya jelas lebih malu2in daripada sekadar kekalahan 0-1. Kita ini tuan rumah bung!

Mentalitas sportif seharusnya bener2 ditanemin lagi kedalem bangsa ini. Coz kita ga mau juga kan kalo lawan kita di semifinal (entah Myanmar ato Vietnam) ngetawain kita dalem hati gara2 pemain2 kunci kita dihujani kartu di pertandingan yang jelas2 udah ga nentuin langkah kita tapi secara lebay kita anggep penting banget? Apa kita mau karna kekonyolan yang kayak gitu, para pemain kita juga kena cedera n capek fisik-emosi sehingga malah ga bisa tampil maksimal di babak selanjutnya? Inget target kita medali emas, bukan kemenangan di satu partai lawan Malaysia.

Jangan lupa kita pernah punya pengalaman buruk di Piala AFF lalu yang juga didapat dari Malaysia. Dimana ekspektasi berlebih dari suporter n kejumawaan pemain bisa mbikin gelar yang udah di depan mata lepas dari genggaman. Inget kalo 2 hal itu juga bagian dari sikap mental yang ga sportif. Sekali lagi buat para pemain n suporter bersikaplah layaknya juara. Tetep bersikap wajar dan membumi, hargai setiap lawan, fokus pada usaha dan bukan hasil akhir, kontrol emosi baik2 di dalem n luar lapangan. Coz, mental seorang juaralah yang pada akhirnya bakal bener2 bikin sebuah tim bisa berdiri dengan kepala tegak di atas podium juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar