Rabu, 09 November 2011

Cocotee... Bal-balan ki olahraga sangar ndes!

Pagi ini aku dapet jadwal kuliah yang anjrit banget. JAM 7 PAGI! Sekali lagi, JAM 7 PAGI! Damput banget jadwalku, padahal tiap hari aja aku paling cepet bangun jam 7, kalo normal jam 7.30 baru bangun. Tapi dengan sedikit diiringi niat dan doa (tumben banget ni ada acara berdoa segala) bisa juga aku bangun pagi sebelum jam 7.

Tapi ajaibnya, prestasi membanggakan untuk bisa bangun pagi itu ternyata ga ngaruh sama sekali ama ke-onime-an masuk kuliah. Aku tetep aja rada-rada telat masuk kuliah. Dan kepekokanku yang menjadi sebab musabab ketelatan ini yaitu adalah, hobiku baca koran pagi. (Ni prestasi juga lho sebenernya. Ditengah kritikan pedas tentang minat baca kaum muda yang dianggap rendah, aku masih hobi baca koran. Malah aku ada-adain duit buat langganan koran juga tiap bulan). Langsung aja abis bangun, aku nyamber tu koran, buka halaman olahraga, dan langsung nongol tulisan tentang timnas sepakbola Indonesia membantai Kamboja di ajang SEA Games. Langsung aku baca dengan khusyuk ulasan yang ada di tu koran.

Setelah aku slese baca, aku ngrenung betapa sepakbola bener-bener bisa nyatuin bangsa ini. Kita liat aja betapa bangsa ini pun seakan nganggep nasionalisme itu beneran ada cuma kalo timnas (sepakbola) maen. (Iki fakta sing damput banget sih sakjane. Mosok nasionalisme mung dianggep dalam pengertian sesempit itu?) Aksi dukung-mendukung timnas Indonesia itu bahkan bisa disejajarin sama hooligan-nya Inggris. (Sayang, Indonesia ma Inggris ga pernah ketemu di World Cup, so Inggris masih aja bisa nyombong tentang hooligan-nya yang dianggep suporter paling fanatik di dunia.) Mulai aksi yel-yel, nyanyi-nyanyi, sampe nyumet mercon kalo ada gol semua bisa dilakuin sama suporter Indonesia. Saking kagumnya, apalagi kalo liat suasana stadion sebelum timnas Indonesia maen n nyanyiin lagu kebangsaan, sampe-sampe aku selalu cuma bisa berkata satu kata dalam hati: "Cocoteeee...."

Unsur pemersatu itu ga cuma ada di tribun penonton, tapi juga keliatan banget di lapangan. Liat aja gimana penampilan sebelas putra bangsa terpilih yang dicomot dari Sabang-Merauke. Mereka jelas-jelas penuh perbedaan. Ada yang item-item, ada yang putih-putih, malah ada juga yang indo-indo (blasteran). Ada juga yang tinggi-tinggi, ada yang pendek-pendek (tapi ini tetep yang paling banyak sih), dsb. Ada yang dari Batak, Padang, Sunda, Jawa, Bugis, Ambon, Flores, Papua, blasteran, campuran, oplosan, dsb. Tapi itu semua ga pernah jadi masalah di lapangan. Sekali lagi kalo lagi mengamati fakta ini, aku cuma bisa berkata dalam hati: "Cocoteeee...."

Satu kehebatan lagi, kayaknya sepakbola juga bisa menjadi pengalih isu-isu politik yang paling menyenangkan buat seluruh masyarakat Indonesia. Kita liat aja, sekarang ini situasi politik di Papua lagi panas-panasnya. Mulai dari kasus daerah otonomi khusus, demo Freeport, kekerasan TNI terhadap warga setempat, dan isu-isu lain yang beragam jenisnya. Itu sama sekali ga mempengaruhi performa personil timnas yang notabene juga putra Papua. Mereka ga mutung n mogok maen karna daerahnya lagi dilanda konflik. Mereka dan anggota timnas lainnya selama 90 menit pertandingan kayaknya bener-bener bisa nglupain segala masalah di bumi pertiwi ini hanya dengan bermain sepakbola. Buktinya 3 dari 6 gol Indonesia ke gawang Kamboja pada pertandingan kemarin dicetak oleh 2 putra Papua. Betapa bisa diliat rasa tanggung jawab, loyalitas, dan nasionalisme mereka sangat jauh lebih tinggi daripada rasa tanggung jawab, loyalitas, dan nasionalisme pemerintah yang tampaknya sengaja melupakan masalah-masalah di daerah asal mereka. Itu semua lagi-lagi hanya dapat terjadi di negeri ini melalui media perantara bernama sepakbola. Sekali lagi, kita dapat kumandangkan (ojo dibatin meneh, iki tenanan sangar lo): "Cocoteeeee...."

Wes ah nulise, sudah cukup cocotan-cocotan yang saya cocotkan hari ini. Semoga aja segala gumaman kekaguman terhadap daya magis sepakbola yang tergambar melalui ungkapan "cocotee..." ini dapat terus digumamkan dan dikumandangkan oleh seluruh bangsa sebagai wujud dukungan terhadap Indonesia, sehingga timnas sepakbola Indonesia dapat meraih medali emas, dan nantinya bisa jadi juara umum SEA Games pula. Amiiiiinnnnn.... (Ingat, doa orang teraniaya biasanya dikabulkan. Jadi bagi kalian yang merasa hidup teraniaya di bumi pertiwi ini, doakanlah para atlet negeri ini agar bisa memperoleh kemenangan di setiap laga n nantinya Indonesia bisa jadi juara umum. Amiiiinnnn....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar